Monday, June 10, 2013

Terapi Hidrogen Peroksida (Hydrogen Peroxide Therapy)

Hidrogen Peroksida (H2O2) adalah cairan tak berwarna yang bisa bercampur dengan mudah dengan air. Sedngkan Ozone atau O3 sendiri berubah menjadi hidrogen peroksida jika dialirkan melalui air. Perpaduan zat-zat ini tersedi a dalam beberapa konsentrat. Konsentrat 3% dijual bebas di toko obat untuk mengobati luka pada kulit atau tukak pada mulut. Konsentrat 6% digunakan untuk mewarnai rambut. Sedangkan konsentrat 35% adalah hidogen peroksida “food grade” yang digunakan oleh industri makanan sebagai desinfektan yang non-toksik.
Hidrogen Peroksida juga digunakan dalam konsentrat 0,03% sebagai larutan saline untuk infus intravena, untuk menangani berbagai penyakit kronis, flu dan pneumonia. Cara ini juga diyakini membantu meningkatkan sistem imunitas dengan merangsang produksi sel-sel darah putih, termasuk sel  T-helper.
Hidrogen Peroksida dalam konsentrat 0,03% juga bisa disuntikan langsung ke persendian dan titik-titik tekan jaringan lunak untuk mengobati artritis dan kondisi peradangan lainnya.
Hidrogen Peroksida kualitas bahan makanan (food grade) 35% bila dilarutkan ke dalam bak berisi air hangat bisa meringankan penderitaan pasien psoriasis, kaku persendian, gatal-gatal yang meradang, dan infeksi jamur. Sang pasien cukup berendam selama 20 menit. Prosedur ini bisa diulang satu hingga tiga kali setiap minggu, sampai gangguan hilang.
sumber :
Hadibroto, iwan dan syamsir alam. 2006. Seluk Beluk pengobatan Alternatif dan Komplementer. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.


Baca juga :


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites